Antikris

Posted On Mei 19, 2008

Filed under Firman Tuhan

Comments Dropped 3 responses

Apa yang dimaksud dengan Antikris? Anti artinya menentang dan kris dari kata Kristus artinya Yang Diurapi. Jadi anti yang Diurapi.

Bagaimanakah sosoknya ?, individu ataukah jamak ? dan apa hubungannya dengan angka triple enam ( 666 ) yang begitu heboh belakangan ini ? Berikut ini khotbah hamba Tuhan Bp. Pendeta Richard Soerinta, STh, yang mengupas tuntas masalah ini menurut pandangan Alkitab, yang berhasil penulis rangkum dan sajikan untuk saudara-saudara seiman.

Pembacaan firman Tuhan diawali dari kitab 1 Yohanes 2:18-27 sebagai berikut: 

1 Yoh 2:18-27 ; Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir. 19 Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita. 20 Tetapi kamu telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus, dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya. 21 Aku menulis kepadamu, bukan karena kamu tidak mengetahui kebenaran, tetapi justru karena kamu mengetahuinya dan karena kamu juga mengetahui, bahwa tidak ada dusta yang berasal dari kebenaran. 22 Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak. 23 Sebab barangsiapa menyangkal Anak, ia juga tidak memiliki Bapa. Barang siapa mengaku Anak, ia juga memiliki Bapa. 24 Dan kamu, apa yang telah kamu dengar dari mulanya, itu harus tetap tinggal didalam kamu. Jika apa yang telah kamu dengar dari mulanya itu tetap tinggal didalam kamu, maka kamu akan tetap tinggal di dalam Anak dan di dalam Bapa. 25 Dan inilah janji yang telah dijanjikan-Nya sendiri kepada kita, yaitu hidup yang kekal. 26 Semua ini kutulis kepadamu, yaitu mengenai orang-orang yang berusaha menyesatkan kamu. 27 Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta-dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia. 

Dari nats alkitab di atas, bahwa antikris itu bisa pribadi dan juga bisa jamak.

Pembacaan selanjutnya, diminta untuk dibaca dirumah yaitu terdapat pada kitab Daniel 7:7-28.

Wahyu 12:3 ; Maka tampaklah suatu tanda yang lain di langit; dan lihatlah seekor naga merah padam yang besar, berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh, dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota.

Wahyu 20:2 ; ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya.

Naga adalah lambang dari setan, dan di ingatkan agar jemaat tidak memakai atribut-atribut yang bergambar naga, diperankan dari kaisar Roma yang namanya kaisar Nero yang memimpin Roma sejak umur 13 tahun sejak tahun 54 Masehi. Ia seorang kaisar yang sangat keji dan jahat, ia adalah seorang pendusta, dia yang membakar dan membumi hanguskan kota Roma tetapi ia menuduh pelakunya adalah pengikut-pengikut kristus, sehingga terjadi pembantaian yang keji terhadap pengikut Kristus dan Rasul Paulus diperkirakan tewas dalam peristiwa ini.

Nama Kaisar Nero didefinisikan sebagai berikut :

Q ( qoph )          =   100

S ( samekh )       =     60

R ( resh )            =   200

N ( nun )            =     50

W ( wau )            =      6

R ( resh )            =   200

N ( nun )            =     50 

                           ——–

J u m l ah           =   666 

                           =======

Wahyu 13:18 ; Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.

Ciri-ciri antikris :

1. Menyangkal Bapa maupun Anak, 1 Yoh 2:22

2. Mengingkari inkarnasi Kristus, yaitu orang yang tidak percaya Tuhan menjelma menjadi manusia.

Biasanya orang seperti ini akan bertanya bagaimana mungkin Bapa punya Anak, kalau ada Bapa berarti ada mama dong hehehe. Bagaimana Bapa bisa beranak? ; Kalau begitu argumentnya, terus bagaimana dengan anak kunci, berarti kunci juga bisa beranak dong!? Bagaimana dengan anak tangga, apakah tangga juga bisa beranak? Jawabannya ada di kitab 1 Yohanes 4:3

dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah . Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia. 

3. Seorang pembohong ( 1 Yohanes 2:22 )

4. Seorang penyesat ( 2 Yoh 1:7 ) ; Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.

Nasib si antikris :

Pada akhirnya antikris akan dihancurkan, selanjutnya dapat di baca pada :

Wahyu 19:20 ; Wahyu 19:11 ; Wahyu 20:1-3 ; Wahyu 20:11-15; Wahyu 21:1; Wahyu 21:22-27

Dalam setiap masa akan selalu ada antikris, namun sejarah membuktikan bahwa antikris selalu mengalami kehancuran. Demikian firman Tuhan.   

( hjl )       

3 Responses to “Antikris”

  1. kasihbapa.wordpress.com

    Semoga Iman kita semua bertambah teguh dalam Yesus Kristus, karena penyesat semakin giat bekerja …

    GBU
    Kasihbapa.wordpress.com

  2. hjl153

    Amin…..

  3. memey

    antikris yg betl tuh artinya anti thd yang diurapi berati klo Yesus tidak diurapi dia tdk anti, berarti anti sama urapan itu sendiri kna dong, urapannya kan Roh Tuhan , jadi Antikris adlh org yg Anti Roh Tuhan.

    Apa betul Nero bakal hidup lagi dan jadi Antikris,?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s