Kenaikan Yesus Kristus

Yesus datang untuk menggenapi hukum taurat dan Ia naik ke sorga untuk menyediakan tempat bagi kita dan juga untuk memberkati kita dari sorga. Kapada kita yang diberi tanda minyak dan anggur tidak akan dirusakkan ( Wahyu 6:6 ). Demikian disampaikan oleh hamba Tuhan Pdt. Drs. Josua Tumakaka dalam khotbah kenaikan Yesus Kristus. Bapak Pendeta ingin menegaskan kembali apa yang diucapkan Tuhan Yesus sebelum naik ke sorga intinya yaitu bahwa Ia mengatakan di tanganmu ada kuasa, dimulutmu ada kuasa.

Pembacaan firman Tuhan dimulai dari kitab Markus berikut ini :

Markus 16:15-20 : 15 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. 16 Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. 17 Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya : mereka akan mengusir setan-setan demi namaKu, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, 18 Mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka ; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit dan orang itu akan sembuh.” 19 Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk disebelah kanan Allah. 20 Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

Kisah Rasul 1:6-8 ; Maka bertanyalah mereka yang berkumpul disitu: “Tuhan maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?” 7 JawabNya “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. 8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Kenapa Tuhan tidak ngomong tentang Israel ? Menurut Bapak Pendeta karna itu terlalu kecil, sebab perintah Tuhan sampai ke ujung bumi, termasuk saudara dan saya. Kita perlu iman yang benar bahwa Yesus naik ke sorga untuk berkati saudara dan saya, untuk percaya engkau terima (berkat) perlu roh Tuhan Yesus. Ditegaskan bahwa Yesus adalah kunci kerajaan sorga dan kita telah diberikan kuncinya.

Selanjutnya pembacaan firman Tuhan pada :

Kejadian 26:1 ; Maka timbullah kelaparan di negeri itu .-Ini bukan kelaparan yang pertama, yang telah terjadi dalam zaman Abraham. Sebab itu Ishak pergi ke Gerar, kepada Abimelekh, raja orang Filistin. 2 Lalu Tuhan menampakkan diri kepadanya serta berfirman:”Janganlah pergi ke Mesir, diamlah ke negeri yang akan Kukatakan kepadamu.

Kejadian 26:12 ; Maka menaburlah Ishak di tanah itu dan juga ia mendapat hasil seratus kali lipat; sebab ia diberkati Tuhan.

Kejadian 26:14 ; Ia mempunyai kumpulan kambing domba dan lembu sapi serta banyak anak buah, sehingga orang Filistin itu cemburu kepadanya.

Artinya Ishak sebagai orang lain jadi lebih kaya dari pada tuan rumah, karena diberkati dari sorga.

Kejadian 26:16 ; Lalu kata Abimelekh kepada Ishak: “Pergilah dari tengah-tengah kami sebab engkau telah menjadi jauh lebih berkuasa dari pada kami.”

Lebih jauh di jelaskan Bapak Pendeta bahwa Ishak adalah anak perjanjian sedangkan Ismael adalah anak manusia.

( hjl )   

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.