Mengapa Doa kita tidak di jawab Tuhan ?

Posted On April 28, 2008

Filed under Firman Tuhan
Tag:

Comments Dropped 4 responses

Setiap kita yang berdoa baik doa supaya kaya, doa agar sehat, agar dapat jodoh, naik pangkat, naik jabatan dll yang kita panjatkan  kepada Tuhan pasti kita menginginkan agar doa kita segera mendapat jawaban dari Tuhan. Namun kenyataannya tidak semua doa di jawab, bahkan ada doa yang hanya sampai ke plafon saja dan mental kembali, mengapa bisa demikian ? Marilah kita simak firman Tuhan yang disampaikan oleh hambahNya Pdt. Ara Siahaan, M.Th berikut ini ( dengan bahasa penulis tanpa mengurangi makna & inti firman Tuhan tsb ) 

Bahwa menjawab doa umatNya bukanlah pekerjaan yang sulit bagi Tuhan, namun penghalang atau penghambatnya justru dari pihak kita sehingga doa kita tidak segera dijawab, bukan dari pihak Allah, karena sorga yang tidak dapat di beli dengan uangpun Ia memberikannya kepada kita.

Penghalang atau penghambat doa kita sebagai berikut :

1. Motivasi yang salah

Doa tidak akan dijawab jika motivasi kita salah.

  Yakobus 4:3 ; Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.

2. Karena tidak mengampuni

Sebelum berdoa kita  dituntut untuk mengampuni orang yang bersalah kepada kita, tidak ada dendam dan kepahitan di dalam hati.

Markus 11:25-26 ; 25 Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu.”[26 Tetapi jika kamu tidak mengampuni, maka Bapamu yang di sorga juga tidak akan mengampuni kesalahan-kesalahanmu.]

3. Sombong Rohani

Dengan bahasa yang kocak Bapak Pendeta mengatakan, kesombongan itu ada beberapa macam. Ada yang sombong karena merasa kaya, sombong karena cantik atau ganteng, ada juga yang sombong karena pandai, tapi menurutnya yang paling parah sudah miskin sombong pula ( hehehehe….diaminkan para jemaat ). Namun yang hendak ditekankan disini adalah bahwa yang paling dibenci Tuhan adalah sombong rohani, dasar firman Tuhan terambil dari kitab Lukas 18:9-11 berikut ini :

Lukas 18:9-11 ; 9 Dan kepada beberapa orang yang menganggap dirinya benar dan memandang rendah semua orang lain, Yesus mengatakan perumpaman ini :10 “Ada dua orang pergi ke Bait Allah untuk berdoa; yang seorang adalah Farisi dan yang lain pemungut cukai. 11 Orang Farisi itu berdiri dan berdoa dalam hatinya begini : Ya Allah, aku mengucap syukur kepada-Mu, karena aku tidak sama seperti semua orang lain, bukan perampok, bukan orang lalim, bukan pezinah dan bukan juga seperti pemungut cukai ini;

Lebih lanjut ditegaskan oleh Bapak Pendeta bahwa jika oleh kebenaran kita, kita diselamatkan maka Tuhan Yesus tidak perlu turun ke dunia ini untuk mati bagi kita, tetapi justru kita dibenarkan oleh iman kepada Yesus Kristuslah maka kita diselamatkan.   

4. Ragu-ragu dan mendua hati

Jangan ragu-ragu dan bimbang dalam berdoa apalagi mendua hati.

Yakobus 1:6-8 ; 6 Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama seperti gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian kemari oleh angin. 7 Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan. 8 Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.

5. Doa kita harus sungguh-sungguh

Yakobus 5:17-18 ; 17 Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujanpun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan. 18 Lalu ia berdoa pula dan langit menurunkan hujan dan bumipun mengeluarkan buahnya.

Demikian intisari firman Tuhan yang saya dengar dan di catat dalam blog ini.  Haleluyah…Tuhan Yesus memberkati.

( hjl )

 

4 Responses to “Mengapa Doa kita tidak di jawab Tuhan ?”

  1. KasihBapa.wordpress

    pada point no 5 saya setuju sekali, memang sebaiknya jika kita meminta kepada Allah harus sungguh-sungguh, bahkan “bertekun” dalam do’a, seperti perumpamaan seorang wanita yang miminta kepada hakim untuk membela perkaranya, walau hakim itu enggan, tapi karena tidak mau di susahkan oleh desakan wanita itu, akhirnya si hakim membela perkara wanita tersebut.

    Selain itu, jika seluruh 5 point tersebut sduah kita lakukan, tetapi do’a kita masih belum dijawab, ada kemungkinan karena Tuhan ‘tau yang terbaik’ buat kita. Mungkin Tuhan ingin memberi kita yang lebih baik dari sekedar apa yang kita pinta, atau Tuhan punya rencana khusus buat kita, sehingga kalau permintaan kita dikabulkan, niscaya rencana yang telah Tuhan siapkan untuk kita akan sulit terlaksana.

    GBU

    KasihBapa.wordpress.com

  2. hjl153

    @ KasihBapa.wordpress.com

    Syaloom…

    saya setuju komentarnya, lebih setuju lagi bila kita renungkan bersama kitab Yohanes 15:7 yang menurut saya adalah inti atau kristalisasi dari ke 5 point di atas agar doa kita dikabulkan Tuhan.

    Tuhan memberkati

  3. nita

    yuupzz bener tuch, ada kalanya sering kali kita udah bosen nunggu hasil doa kita,, makanya hal itu yg sering kali membuat kita semakin jauh dari Tuhan,, padahal salah satu cara spy kita deket ama Tuhan yach dengan Berdoa… aku igt ayat terpendek di tesalonika, tapi lupa tepatnya diman, yg tertulis ; “tetaplah Berdoa”..thx

  4. hjl153

    hjl153 @ nita

    thx u/ comment-nya. Tetaplah berdoa terdapat di 1 Tesalonika 5:17. GBU.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.